Macam-macam Tanwin


Macam-macam Tanwin
1. Tanwin Tamkin
Tanwin Tamki adalah tanwin yang teredapat pada isim-isim yang mu’rab seperti lafaz زيد dan juga رجل . Terkecualikaaan dari hal ini tanwin yang ada pada jamak muannats salim seperti مسلمات dikecualikan pula tanwin yang terdapat pada lafadz جوارٍ dan juga غواشٍ.

2. Tanwin Tankir
http://istimroor-belajar.blogspot.com/Yaitu tanwin yang terdapat pada isim-isim yang bersifat mabni untuk membedakan isim yang ma’rifat ddan isim yang nakirah. Contoh :

مررت بسبويه و سبويه اخر

“Aku bertemu dengan Sibawaih dan Sibawaih yang lain”

3. Tanwin Muqabalah
Yaitu tanwin yang terdapat pada jamak muannats salim seperti lafadz مسلمات . Tanwin ini berkedudukan sebagai pembanding huruf nun yang terdapat pada jamak mudzakkar salim seperti مسلمون

4. Tanwin Iwadh
Tanwin ini terbagi menjadi tiga bagian :
a. Tanwin yang terdapat pada huruf idz (إذ) yang berfungsi sebagai pengganti jumlah sesudahnya yang tidak disebutkan. Contohnya firman Allah Ta’ala :
و أمتم حيئذ تنظرون 
Padahal kalian ketika itu melihat

Maksudnya, padahal kalian melihat ketika roh sampai di tenggorokan. Jumlah kalimat  بلغت الروح الحلقوم  tidak disebutkan, tetapi diganti oleh tanwin.
Tanwin jenis ini juga digunakan untuk menggantikan isim yang tidak disebutkan yang terdapat pada كل contohكل قائم (semuanya berdiri). Maksud yang dimaksud adalah كل إنسان قائم lafaz insanun tidak disebutkan tetapi diganti oleh tanwin.
Selain kedua hal tersebut tanwin jenis ini  juga berfungsi sebagai pengganti huruf yang tidak disebutkan seperti pada lafaz جوار(perahu-perahu), غواش (peristiwa yang dasyat) dsm, baik dalam keadaan rafa’ atupun jar. Contoh dalam keadaa rafa’ seperti هؤلاء جوارٍ Semuanya itu adalah perahu, dan dalam keadaan jar seperti مررت بجوار   pada kedua contoh ini huruf ya dibuang kemudian diganti oleh tanwin.

b. Tanwin tarannum, yaitu tanwiin yang terdapat pada qafiyah (akhir bait syair) yang bunyinya diperpanjang dengan huruf illah seperti yang terdapat pada ungkapan seorang penyair 

أقلى اللوم عاذل و العتابن       و قولي إن أصبت لقد أصابن 

Tinggalkanlah celaan dan makianmu itu hai perempuan pencelaku, dan katakanlah olehmu bila aku berbuat benar, sungguh aku telah berbuat benar.

Diletakkan tanwin sebagai pengganti alif (huruf illah) semata-mata tarannum (keindahan bunyi huruf pada akhir bait syair). Contoh lainnya adalah ungkapan penyair berikut :

أزف الترحل غير أن ركابنا         لما تزل برحالنا وكأن قدن 
Telah dekat waktu berangkat, hanya saja kendaraan kami belum berangkat, seakan-akan waktu perpisahan telah terjadi.

c. Tanwin ghali. Keberadaan tanwin ghali ini telah dibuktikan oleh Imam Akhfasy, yaitu tanwin yang berada di akhir qafiyah yang muqayyadah seperti ucapan seorang penyair

 و قائم الأعماق خاوي المختقن
Berapa banyak pedalaman yang luas tak ada yang menempuhnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Share this article :
 

+ comments + 3 comments

4 January 2016 at 20:47

Jazakallahu khairan

9 June 2017 at 21:14

saran ditambahkan harakat biar yang awam lebih paham

13 August 2017 at 19:12

Klo tanwin yg terdapat dlm kalimat لَيَكُوْناً (didlm Surat yusuf ayat 32) itu disebut tanwin apa,,,??

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Istimroor - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger